Berkembangnya Komunitas Gaming Di Twitter
Twitter memiliki banyak fitur yang dapat membantu orang-orang di komunitas game.
Bagaimana jejaring sosial Twitter telah menjadi alat komunikasi bagi banyak komunitas. Baru-baru ini, salah satu komunitas paling aktif di Twitter adalah komunitas game .
Berbagai pemain di industri game telah berkumpul di Twitter dari gamer , streamer , e -sportsmen hingga perusahaan game . Twitter menyadari tren ini. Mereka menunjukkan bahwa hingga 71% pengguna Twitter adalah gamer . Dan 47% pengguna Twitter menonton konten game di platform game seperti Twitch.
Ada 1,5 miliar tweet game di paruh pertama tahun 2022. Ini adalah 36% lebih dari tahun lalu. Di blog resminya, Twitter mencatat bahwa jumlah tweet tentang game bisa naik hingga 36% karena diskusi luas tentang game populer, seperti Elden Ring, yang terkenal dengan kesulitannya.
Hal lain yang mendorong pemain untuk aktif berdiskusi di Twitter adalah liga esports seperti Valorant Champions Tour . Acara seperti Xbox Showcase dan PlayStation State of Play juga dapat memicu kontroversi di kalangan gamer .
“Kami percaya bahwa dalam ekosistem game , Twitter memainkan peran penting sebagai tempat untuk mendiskusikan game ,” kata Rhys Brown , direktur kemitraan konten game untuk wilayah EMEA, di VG247. Brown menjelaskan bahwa tugasnya adalah memastikan pembuat konten, mulai dari tim esports hingga perusahaan game , mengetahui cara memanfaatkan Twitter secara maksimal.
“Tujuan kami adalah membantu pengguna mempelajari cara membuat komunitas mereka di Twitter dan membantu mereka terhubung dengan komunitas tersebut,” kata Brown. "Kami akan membantu pembuat konten memonetisasi konten yang mereka buat."
Fitur Twitter untuk mendukung ekosistem game
Mempertimbangkan jumlah gamer yang menggunakan Twitter, jejaring sosial ini juga menawarkan beberapa fitur yang dapat digunakan untuk memperluas komunitas game .
Salah satunya, Twitter Circle. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membatasi siapa yang dapat melihat tweet Anda. Selain itu, Twitter juga memiliki fitur superfollower. Bagi seorang content creator, fitur Super Follower bisa menjadi salah satu sumber penghasilan utama.
Bagi penggemar, fitur ini memberikan akses ke konten eksklusif dari pembuat konten favorit Anda.
“Saya pikir pembuat konten telah menggunakan Twitter sejak lama untuk membangun komunitas mereka. Tetapi mereka menggunakan platform lain untuk memonetisasi konten yang mereka buat,” kata Brown.
Dia mengakui bahwa ada banyak perusahaan game dan influencer di Twitter yang memposting tautan ke akun mereka di situs web resmi mereka atau platform lain. “Sekarang kami sangat fokus memberikan kesempatan kepada kreator untuk menghasilkan uang. Karena mereka telah menciptakan komunitas yang dinamis."
Menurut Brown, Twitter tidak berencana untuk bersaing dengan Twitch atau YouTube saat membuat komunitas game . Di sisi lain, Twitter ingin melengkapi platform game lainnya. Jika pemain ingin menonton streaming langsung atau konten dari kreator favorit mereka di platform lain, itu tidak menjadi masalah bagi Twitter.
“Yang ingin kami lakukan adalah menghadirkan pengalaman layar kedua yang lebih baik. Sehingga Anda dapat men-tweet tentang momen-momen yang terjadi di platform lain,” kata Brown. Sebagai contoh, ia mengutip kemitraan Twitter dengan pencipta League of Legends dan Valorant Riot Games.
Baik League of Legends maupun Valorant memiliki ekosistem esports yang cukup matang. Sementara turnamen League of Legends sedang berlangsung, video sorotan akan tersedia untuk pemirsa secara real time melalui Twitter.
Dengan demikian, pendengar dapat menikmati konten premium dan sekaligus mendiskusikannya dengan penggemar lainnya.
masalah yang mungkin timbul
Sayangnya, Twitter juga bukan jejaring sosial yang sempurna. Artinya, Twitter, termasuk komunitas game , terus menghadapi berbagai tantangan.
Salah satu masalah tersebut adalah berita palsu. Misalnya, ketika informasi palsu dipublikasikan bahwa FromSoftware akan merilis Bloodborne Remastered. Tipuan menyebar di Twitter setelah pengguna Twitter dengan malas mengubah tampilan profil mereka menjadi seperti Nibelion , akun Twitter yang dipercaya oleh komunitas game .
Ketika orang-orang melihat avatar dan nama Nibelion, mereka langsung percaya bahwa Bloodborne Remastered sedang dibuat. Seolah itu belum cukup, beberapa media dan blog telah berhasil mempercayai berita palsu dan menulis artikel tentangnya.
Akhirnya, hoax tersebut hilang setelah Kotaku, sebuah toko game besar, menghubungi PlayStation untuk mengkonfirmasi Bloodborne Remastered.
Nibelion menyatakan bahwa berita palsu tentang Bloodborne Remastered bisa menjadi viral karena berita palsu menyebar lebih cepat daripada informasi yang menyangkalnya. Karena nama Nibelion digunakan untuk menyebarkan berita palsu, dia juga membuat marah para pemain karena dia terlihat menyebarkan berita palsu.
“Beberapa pengguna Twitter tidak menyadari bahwa seseorang mencoba menggunakan nama saya. Kemudian mereka marah kepada saya karena menyebarkan berita palsu. Faktanya, saya tidak membuat berita palsu, ”kata Nibelion.
Padahal, Twitter sudah memiliki fitur verifikasi untuk mengurangi penyebaran berita bohong. Akun terverifikasi akan memiliki tanda centang biru di akhir nama pengguna mereka . Dengan adanya fitur verifikasi, pengguna Twitter diharapkan dapat membedakan akun resmi dari perusahaan, pembuat konten, atau publik figur lainnya.
Untuk menjadi akun terverifikasi, Anda harus mengirimkan permintaan ke Twitter. Tentu saja, agar Twitter menyetujui tanda centang biru terverifikasi, akun tersebut harus memenuhi persyaratan tertentu. Tentu saja, banyak orang berpikir bahwa persyaratan Twitter untuk akun terverifikasi terlalu acak.
Misalnya, Nibellion adalah salah satu akun paling tepercaya di komunitas game Twitter . Dia memiliki lebih dari 400.000 pelanggan dan dipercaya oleh banyak pemain industri game , termasuk Geoff Keighley , pencipta The Games Awards. Tetapi akun tersebut tidak memiliki lencana konfirmasi Twitter.
Contoh lain adalah Lance McDonald . Dia adalah pembuat konten dengan 100.000 pelanggan YouTube dan 60.000 pengikut Twitter. Ini menjadi populer setelah Nier menemukan "rahasia utama" di Automata.
Dia mengatakan kepada saya bahwa dia secara pribadi melamar beberapa kali untuk menjadi akun terverifikasi. Namun, permintaannya selalu ditolak. Dia hanya berhasil mendapatkan persetujuan Twitter untuk menjadi akun terverifikasi setelah protes publik terhadap akun @Verified.
"Untuk pembuat game, Twitter akan meminta Anda untuk menampilkan tiga artikel berita dari media arus utama yang membahas konten Anda," kata McDonald, menjelaskan persyaratan verifikasi akun Twitter. “Tapi Anda lihat, Twitter selalu menolak permintaan saya, meskipun tweet saya sering dikutip di media arus utama.
Dia lebih lanjut menjelaskan, “Saya memberi Twitter banyak contoh lain. Untungnya, Twitter tidak memerlukan halaman Wikipedia. Namun, itu mengganggu saya ketika mereka selalu meminta saya untuk menjadi akun terverifikasi. Saya menerima. protes publik.
Komentar
Posting Komentar