Dampak Positif Teknologi Game Ke Industri NonGaming | Hybrid Hybrid
Unreal Engine telah digunakan untuk membuat sejumlah film dan serial TV populer, termasuk The Mandalorian.
Industri game di Asia diperkirakan akan memiliki 1,5 miliar pemain pada tahun 2022. Pada tahun 2022, industri game akan bernilai $86 miliar. Menariknya, nilai total industri game ini belum termasuk dampak teknologi game pada sektor lain, termasuk perangkat keras, perangkat lunak, Web3, pendidikan. , dll.
Dalam laporan terbarunya, Niko Partners membahas bagaimana teknologi game mendorong perkembangan teknologi di industri lain. Berikut adalah laporan lengkapnya.
Tren investasi penelitian dan pengembangan oleh perusahaan game
Seiring berkembangnya teknologi, industri game terus berubah. Saat ini, game mobile memiliki mekanisme yang semakin kompleks. Selain itu, beberapa model bisnis baru telah muncul, termasuk Game-as-a-Service (GaaS) - live games .
Tak dapat dipungkiri, kehadiran live game menciptakan kontradiksi tersendiri. Namun, tren GaaS memaksa game untuk memiliki siklus hidup yang lebih lama . Alhasil, developer tidak hanya memikirkan cara membuat game yang menarik, tetapi juga tentang game yang bisa dimainkan selama bertahun-tahun.
Untuk membuat game yang hidup dengan siklus hidup yang panjang , pengembang harus terus memberikan pembaruan konten . Pada saat yang sama, pengembang juga harus terus memberikan pengalaman bermain yang unik untuk menarik pemain baru dan mempertahankan pemain lama.
Untuk ini, pengembang dapat menggunakan teknologi terbaru yang tersedia. Oleh karena itu, perusahaan game kini tidak hanya fokus pada pembuatan game dan konten berkualitas, tetapi juga pada aspek perkembangan teknologi. Menurut data dari Niko Partners, investasi dalam penelitian dan pengembangan (R&D) oleh banyak perusahaan game telah menunjukkan tren yang meningkat selama setahun terakhir.
Misalnya, NetEase China menghabiskan 11,3% dari total pendapatannya untuk dana penelitian dan pengembangan pada 2017. Angka ini meningkat menjadi 22,3% dari total pendapatan pada 2021. Sementara itu, investasi NetEase di departemen penelitian dan pengembangannya hanya tiga kali lipat. lima tahun.
NetEase memberikan dana penelitian dan pengembangan untuk beberapa studio game AAA dan Fuxi AI Lab. Baru-baru ini, Fuxi AI Lab berhasil menciptakan teknik deep learning bernama MeInGame. Teknik ini dapat membuat wajah karakter 3D berdasarkan foto seseorang di dunia nyata.
Perusahaan game lain yang juga melayani departemen R&D adalah Nexon. Pada tahun 2017, perusahaan menghabiskan 3,4% dari total pendapatan untuk penelitian dan pengembangan. Pada tahun 2021, persentase pendapatan Nexon yang disumbangkan oleh departemen R&D-nya hampir dua kali lipat, mencapai 7,6% dari total pendapatan perusahaan.
Penggunaan peralatan bermain di area lain
Pengembang game akan selalu berusaha untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih baik. Oleh karena itu, mereka tidak ragu untuk mengadopsi teknologi baru. Tak jarang, perusahaan game mengintegrasikan teknologi dari bidang lain ke dalam game , seperti virtual reality atau augmented reality. Teknologi lain yang digunakan oleh perusahaan game dari industri lain adalah cloud , yang digunakan untuk cloud gaming .
Sementara perusahaan game menggunakan teknologi dari industri lain, perkembangan teknologi akan selalu menguntungkan industri game . Namun, perkembangan teknologi dalam industri perjudian juga dapat digunakan untuk mengembangkan industri non-perjudian . Salah satunya adalah perangkat keras. Seperti yang dicatat oleh Niko Partners, industri GPU mengalami pertumbuhan pesat di tahun 1990-an karena perkembangan industri game , yang mendorong permintaan akan GPU.
Bahkan, Sony menjadi perusahaan pertama yang menggunakan istilah "GPU". Saat itu, istilah GPU yang digunakan Sony merujuk pada kartu grafis buatan Toshiba yang digunakan di konsol PlayStation. Oleh karena itu istilah GPU dipopulerkan oleh NVIDIA pada tahun 1999. GPU merupakan bagian penting dari permainan komputer saat ini.
Selama dekade terakhir, GPU game telah mulai digunakan untuk berbagai produk non-game , termasuk mobil self-driving dan komputer penambangan cryptocurrency .
GPU gaming sangat populer di kalangan penambang cryptocurrency sehingga kekurangannya, menyebabkan harga GPU gaming meroket. Selain itu, chip game juga digunakan untuk superkomputer .
Ini adalah prosesor SEL. Awalnya diproduksi oleh Sony, IBM dan Toshiba, chip ini dirancang untuk digunakan di konsol PlayStation 3. Namun, chip tersebut sangat kuat sehingga digunakan di IBM Roadrunner, superkomputer paling kuat di masanya. Tidak hanya itu, Laboratorium Penelitian Angkatan Udara Amerika Serikat juga menggunakan 1.700 unit PlayStation 3, yang disebut "Condor Clusters," pada tahun 2010 untuk menganalisis citra satelit resolusi tinggi.
Mesin game yang digunakan untuk membuat film
Teknologi game yang digunakan oleh perusahaan di luar industri game tidak terbatas pada perangkat keras , tetapi juga perangkat lunak. Seperti namanya, game engine pada awalnya dibuat untuk mengembangkan game . Namun saat ini, mesin game juga digunakan untuk berbagai hal lain, termasuk membuat film. Misalnya: Mesin Tidak Nyata.
Dibuat oleh Epic Games, Unreal Engine kini tidak hanya digunakan oleh para developer game saja, namun game engine tersebut kini juga digunakan untuk membuat film dan serial TV.
Beberapa film dan serial TV terkenal yang menggunakan Unreal Engine antara lain Star Wars: The Force Awakens. Bangkitnya Skywalker', 'The Mandalorian', 'Game of Thrones' dan 'Westworld'. Selain untuk industri film, Unreal juga digunakan oleh perusahaan produksi.
Perusahaan manufaktur menggunakan teknologi "kembar digital" Unreal Engine untuk membuat representasi virtual dari sistem dunia nyata yang ada. Status presentasi virtual ini akan berubah secara real time . Dengan cara ini, perusahaan manufaktur dapat menggunakan teknologi kembar digital untuk pengujian dan perencanaan jangka panjang.
Perusahaan yang berbasis di Beijing 51World telah menciptakan versi digital dari Shanghai. Seperti kota aslinya, Shanghai digital ini memiliki luas 3.750 kilometer persegi dan berpenduduk 26 juta jiwa. 51 Tujuan global dalam menciptakan kota digital Shanghai adalah untuk membantu para perencana dan insinyur merancang layanan publik baru atau meningkatkan layanan publik yang ada. Selain itu, kota digital ini juga dapat dimanfaatkan untuk meminimalisir permasalahan terkait lalu lintas seperti kemacetan.
Pengendali game mempromosikan perkembangan teknologi bagi penyandang disabilitas
Selain perangkat keras dan perangkat lunak, perkembangan teknologi kontrol game juga menguntungkan komunitas non-game , khususnya penyandang disabilitas. Pada 2018, Microsoft terus mengembangkan Xbox Adaptive Controller (XAC).
Memiliki perangkat ini memudahkan para gamer PC dan Xbox difabel untuk bermain. Itu karena XAC dikemas dengan teknologi yang membantu pemain dengan pendengaran, penglihatan, gerakan, dan bahkan kognisi.
Teknologi XAC juga dapat digunakan oleh pengguna Linux. Tak sebatas itu, teknologi yang dikembangkan Microsoft juga digunakan di area non-game , seperti perangkat lunak suara di Amerika Serikat.
Kemajuan teknologi bagi penyandang disabilitas tidak hanya akan menguntungkan komunitas ini, tetapi juga industri game secara keseluruhan. Ini karena membuat game lebih mudah diakses oleh penyandang disabilitas tidak hanya akan membuat industri game lebih inklusif, tetapi juga meningkatkan jumlah pemain dan meningkatkan pendapatan industri game secara keseluruhan .
Selain membuat XAC, Microsoft juga memperkenalkan Xbox Accessibility Guidelines , yang berfungsi untuk menstandardisasi solusi untuk berbagai masalah aksesibilitas di industri game .
Komentar
Posting Komentar